suka duka berbisnis online

Bismillah.
hari ini tepat 10 Juli 2014 atau 15 Ramadhan 🙂
Alhamdulillah saya sedang berada di rumah, rehat sejenak ketika KKN.

kali ini saya akan berbagi tentang suka duka dari pengalaman pribadi saya berbisnis online.
saya, seorang mahasiswa pend. manajemen bisnis yang mulai sadar saya sangat ingin berbisnis ketika semester 2 kuliah.
ketika itu niat saya 100% ingin membantu teman, mulai dari bisnis menjual barang, pay to click, paid to click bahkan MLM online saya coba semua. tapi hasilnya… NIHIL. sementara uang sudah masuk walaupun tidak seberapa. kenapa MLM online?
disini jelas sekali ketika posisi seseorang sedang butuh uang, maka dia akan berupaya berbagai macam cara untuk mendapatkan uang tanpa pertimbangan yang matang, apalagi untuk memberi orang yang disayang (misalnya) xP
tapi hikmahnya saya jadi tau tentang Paypal, sistem perputaran uang online dsb dan saya hargai itu.
sejak saat itu saya kapok dan berhenti bisnis online dengan sistem “perputaran uang” dan saya mulai menjual makaroni.
respon makaroni ini bagus, saya bisa menjangkau teman-teman saya dari berbagai fakultas. walaupun laba nya hanya dibawah 500rb/bulan tapi saya coba jalankan sampai kurang lebih 1tahun 3bulan.

tahun berikutnya,dari seorang teman, saya dapat kenalan produsen sweater rajut “Harry Potter”, dan disini saya excited banget! secara saya adalah potterheads (hehe…)
bisnis @HPStuffBdg mulai saya jalankan pada 10 Oktober 2012 sampai sekarang.
saya sangat ingat, laba penjualan pertama saya dari menjual sweater saya berikan pada teman saya yang sudah memberi tahu relasi sweater itu, kenapa?
disini harus kita bawahi karena RELASI ITU SANGAT MAHAL! karena relasi ada dari pengalaman orang tersebut mau bergerak, makanya saya kurang suka jika ada orang yang seenaknya minta murahin harga dari supplier, dan dia minta kontak orangnya tanpa basa-basi (etika,red).

Ini yang pertama, pebisnis harus memiliki ETIKA dalam berbisnis, baik etika kepada supplier, distributor maupun customer.
suka dukanya berbisnis ini adalah, ketika saya harus melayani customer sampai jam 11 malam, sementara saat itu saya sedang SP, UTS dan lain sbg. tapi itu adalah resiko yang sudah saya ambil.
hikmah kedua adalah RESIKO. ada yang bilang resiko itu berarti rizqi.
RESIKO=RISK=RIZQI. semakin banyak dia mengambil resiko maka semakin luas rizqi yang akan dia dapatkan. tentunya tidak dengan gegabah alias dengan pertimbangan yang matang. tapi jangan kelamaan mikirnya ntar ngga gerak-gerak :p
dan saya putuskan untuk membuka toko online pada jam 7-11 malam dengan catatan waktu shalat saya tidak melayani percakapan dengan customer.
suka duka yang lainnya adalah saya pernah menerima keluhan barang tidak sampai sesuai pesanan alias barang ada yang hilang1 buah 😦 disini saya curiga pada jasa pengiriman, karena bungkus paket sudah terbuka sedikit 😦 #wallahu a’lam
tapi suka nya banyak, saya jadi terbiasa dengan percakapan jual beli, ingin terus belajar bagaimana memasarkan produk online dengan baik dll.dari laba bisnis ini saya sebagian saya tabung dan sebagian saya investasikan kembali. selain itu saya sedikit-sedikit jadi bisa berbagi pada orang-orang.
pemasaran @HPStuffBdg ini saya lakukan via fb, twitter dan bbm.

singkat cerita, saya sekarang menambah barang jualan saya selain sweater yaitu power bank walaupun sekarang penjualan sangat menurun karena konsentrasi saya terpecah antara ingin lulus cepat dan meningkatkan bisnis. yang paling penting adalah, bisnis benar-benar mengajarkan kita agar kuat mental, tidak menjadi mental miskin dan teguh pada pendirian. seringkali orang-orang disekitarmu hanya melihat kau memiliki bisnis, enak tinggal nunggu duit ngalir ga perlu capek-capek lagi. jujur saya benci pada orang-orang yang berpikir seperti ini.
padahal jalan orang-orang yang berbisnis itu tidaklah semudah kau meminta uang bulanan dari orang tua mu yang mencari uang buat kamu!! mereka berjuang, meluangkan waktu untuk berkeringat bukan melakukan bisnis di sisa waktu luang.
akhirnya, saya masih harus istikharah apakah akan melanjutkan bisnis sendiri atau fokus pada kuliah.
semoga tulisan iseng ini ada manfaatnya
happy fasting all 🙂
wassalam…

2 thoughts on “suka duka berbisnis online

Leave a Reply

