CBJP ala Rendy Saputra

Always by Basmallah.
sebenarnya ini adalah postingan lama dari grup BlackutaQ, Inc yang pernah saya posting, tetapi tidak ada salahnya jika saya juga bisa berbagi disini.
Ilmu ini kudapatkan ketika berkesempatan menghadiri seminar Ippho Santosa dengan Kang Rendy Saputra sebagai pengisi acara awalnya. semoga bermanfaat! 🙂

kang Rendy Saputra (suka liat pamflet seminarnya kan di UPI?). beliau adalah mahasiswa ITB jurusan teknik perminyakan yang keluar dari kuliah karena nilainya jelek, ketika ditanya sama orang tua “maunya apa?” mas Rendy jawab “saya mau nikah”.
Dari semenjak itulah mas Rendy semangat memulai bisnis dan menjadi pembicara di berbagai perusahaan. Perusahaan yang sedang dipegangnya sekarang adalah OBH Combiphar.
Oia, sengaja di capslock bukan apa2 supaya semangat bacanya. Selamat membaca!
“SEKARANG BANYAK ANAK MUDA YANG KAYA CEPAT, waloupun jualan kripik (haha..) dan akhirnya BERMUNCULAN SEMINAR2 BISNIS YANG BILANG KITA HARUS “ACTION! ACTION!”
BENER SIH HARUS ACTION, TAPI PONDASINYA GIMANA?? BENER GA? KALO DIBILANG “MAS SAYA UD ACTION, SAYA BIKIN USAHA PIZZA SENDIRI TPI KOK GA LAKU2?” NYADAR DONG TUH PIZZA BISA DIGIGIT KAGAK? KAYA SENDAL JEPIT GITU..HAHAHA

Banyak yg tersesat di bisnis karena SALAH JALAN . MAS RENDY AKAN MENGAJARKAN CBJP (CARA MEMULAI BISNIS YANG BENAR)
1. MULAI DARI INTENSION YG BENAR, DI INDONESIA BIASA DIAJARKAN ‘HOW TO’? TPI DI LUAR NEGERI DIAJARKAN ‘UNTUK APA’, ‘APA FILOSOFINYA’? CONTOH, DI INDONESIA BELAJAR INTEGRAL CARA NGITUNGNYA DARI AWAL SAMPE AKHIR, ALJABAR DLL… MAKANYA KALO DI PERUSAHAAN PENERBANGAN, BULE YG NGATUR2, ORANG INDONESIA YG NGITUNG (maap yg tersinggung ini kenyataan, ane hanya menyampaikan)
NAH BEGITU PULA DENGAN BISNIS, HARUS TAU MAKSUDNYA APA DAN ALASANNYA KUAT.
PENGUSAHA ITU MEMBANGUN SISTEM OTOMASI YANG MENGHASILKAN UANG.

KETIKA SAYA MAMPU MEMBERI MANFAAT KEPADA ORANG LAIN, MELAYANI KEBUTUHAN ORANG LAIN, MAKA PASTI UANG AKAN MENGALIR PADA SAYA (SILAHKAN ULANGI 3X KALIMAT INI).
BERARTI DISINI INTENSIONNYA ADALAH “MANFAAT’. SEKALI LAGI, MANFAAT.
APA MANFAAT YANG BISA SAYA BERIKAN? DUIT BELAKANGAN.
JUALAN MAKANAN, BISA MENGENYANGKAN PERUT ORANG, OKE, ITU BERMANFAAT. DLL…

2. BERTAHAP DALAM MEMBANGUN BISNIS.
a. STARTING. MEMULAI BISNIS HARUS BERTAHAP DAN BERSABAR, JANGAN LAWAN SUNNATULLAH! ALQUR’AN AJA TURUN NGGA SEKALIGUS TAPI BERTAHAP! RASULULLAH AJA BERDAKWAH SAMPAI ISLAM TERSEBAR SELAMA 23 THN. SEBELUM BISNISNYA SUKSES, RASULULLAH TELAH MENGALAMI 3 TAHUN MASA2 SULITNYA SAMPAI AKHIRNYA SUKSES BESAR.
SELAIN ITU, HARUS “KOKOH PONDASI”. HARUS BISA MENJUAL SESUATU DAN “MEMVALIDASI”NYA. PASTIKAN VALUE(NILAI)NYA. KALO BELOM VALID JANGAN COBA-COBA PINJEM DUIT NGUTANG SANA-SINI, CARI INVESTOR DSB. ITU CARA SETAN! #WAWW…
JADI KEYWORDNYA ADALAH “VALID VALUE”NYA.

b. RUNNING. CREATE SYSTEM. HARUS KOMITMEN DAN TERJUN KE LAPANGAN BERSAMA KARYAWAN, RASAIN TUH GIMANA CAPENYA MOTONG DAGING BUAT BIKIN STEAK, RASAIN GIMANA CAPENYA GORENG DAGING SAMPE MATENGNYA PAS,DSB… JDI DISINI KITA BISA MERASAKAN SEKALIGUS MENGOREKSI LALU KITA BUAT SISTEM YANG BAKU. “VALID SYSTEM”.
c. GROWING/.
DUPLICATE BUSINESS. DUPLICATE THE INCOME STREAM.
MEMANG TIDAK ADA MANUSIA YANG BISA MELAKUKAN APAPUN SENDIRIAN. BEGITU PULA DENGAN BERBISNIS, KITA DIPERBOLEHKAN BELAJAR DARI SISTEM BISNIS MILIK ORANG LAIN, BAIK ITU PESAING MAUPUN BOS KITA, ASALKAN KITA MELAKUKAN KREATIVITAS DAN INOVASI DAN TIDAK 100% SAMA DENGAN SISTEM YANG KITA CONTOH, KARENA ITU SAMA SAJA DENGAN PLAGIAT DAN MELANGGAR HAKI (penjelasan C ini aku mengarang sendiri ahaha)

Oke deehh… cukup sekian, silahkan diambil manfaatnya jika bermanfaat. Wassalamulaikum wr.wb

Alhamdulillah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s