Hasil Konsultasi Manajemen Sumber Daya Manusia

bismillah. sekarang ane akan sedikit mempublish problem solving untuk salah satu kasus MSDM dalam perusahaan…ini adalah hasil konsultasi dengan Ayahku yang luar biasa, beliau walaupun tidak pernah mengenyam kuliah formal tetapi sangat sukses dalam me-manage perusahaan. PT SIEMENS dan PT SCHNEIDER Germany adalah beberapa perusahaan yang aku sudah tidak asing lagi dengan nama dan sistem dalam perusahaannya. insya Allah kelak aku akan menjadi sepertimu, Ayah. Targetku adalah membuka 3 cabang lagi dan omzet perbulan 5 M. Aaamiin.
semoga bermanfaat 🙂

Masalah:
1. Dalam sebuah perusahaan dengan karyawan 100 orang tersebar di berbagai departemen, dimana manajemen perusahaan menegakan disiplin yang amat ketat dan bagi yang melanggar akan kena sanksi dipecat/PHK. Dan semua aturan-aturan tsb telah di ttd dan dipahami dalam kontrak. Dengan rata-rata pegawai laki-laki 75 orang dan 25 orang perempuan. Gaji masing-masing pegawai sesuai UMR. Pegawai tinggal dekat perusahaan dan hanya sebagian kecil yang letak rumahnya jauh dari perusahaan.
Masalah: karena kondisi perekonomian eksternal meningkat dan pegawai merasa tidak cukup dengan gaji yang didapat, lalu pegawai melakukan pekerjaan tambahan. Akibatnya banyak pegawai dan meminta kenaikan gaji. Protes, konflik pun bermunculan diantara karyawan. Bagaimana manajer mengatasi hal ini?

Jawaban:
Mari kita jawab persoalan Management tadi;
1.seseorang yg mengemban tugas sebagai pimpinan/management perusahaan harus mempunyai ke disiplinan di dalam peraturan yg telah di sepakati bersama,di dalam perjalan dalam kerja hal hal spt,salah satunya tuntutan kenaikan gaji adlh sudah tidak asing di setiap perusahaan.baik dg alasan external atau internal(spt perpindhn tugas dll).ke disiplinan ini adalah u/menjaga kesetabilan perusahaan dari ke pailitan.

beberapa hal yg perlu di perhatikan adalah ;

a.Mengacu pada kesepakatan kontrak kerja,mulai yg telah di tandatangani bersama dari A s/d Z.
b.Berapa % karyawan yg menuntut kenaikan gaji secara serentak.
c.Dapatkah perusahaan tetep beraktifitas apabila karyawan(%) yg menuntut gaji itu mengundurkan diri secara serentak.

Beberapa solusi yg dapat menjadi pemecahan masalah;
a.tetap pada peraturan bahwa standard UMK yg tlh di sepakati dan aturan2 lain yg tercantum di awal kontrak tdk dpt di rubah.
b.memilih/menyeleksi karyawan2 yg memang mempunyai kemampuan kerja dan mempunyai tanggung jawab di dalam setiap program perusahaan
c.menghitung ulang apakah perusahaan mempunyai kelebihan laba dari yg di capai atau menurunkan laba dari target u/di bagikan kpd karyawan tsb.Maka;

c1. apabila YA,berikan dg bentuk yg lain lain umpamanya dg pembagian sembako+ tunjangan keluarga,transport,uang makan atau bonus dg berbagai kriteria kerja.
c2. apabila TIDAK,artinya perusahaan hanya pas2an,maka jln terahir adlh pengurangan karyawan.

d.dengan mulai perekrutan kembali karyawan baru dg peraturan yg sama.
udah segini aja dulu mudh2an bisa membantu.

Begitulah jawaban Ayah. Singkat, Padat dan Tegas. Langsung praktek tidak bertele-tele. hehe..ini MSDM apa tentang ayah ane..xD
I think enough..see u next time 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s